Paket Makan Sehat Jogja

Paket Makan Sehat Jogja

[Attention] Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan yang sehat untuk menjaga fungsi dan kinerja organ tubuh mereka. Namun, ditengah aktivitas yang begitu padat membuat orang-orang seringkali lupa dan melewatkan jadwal makanya. Alhasil pola makan pun jadi berantakan.

[Interest] Untuk memperoleh makanan yang sehat, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan makanan, cara pengolahan, tingkat kematangan supaya dapat menghasilkan gizi yang baik, serta keseimbangan kandungan makanan (karbohidrat, lemak, vitamin, protein) dapat terpenuhi.

[Desire] Tapi, kamu gak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang jenis makanan sehat yang bisa kamu coba untuk pilihan makanan kamu.

Namun perlu kamu ketahui bahwa asupan nutrisi yang sehat untuk tubuh bisa didapat dari berbagai jenis menu makanan, tidak terfokus ke satu jenis saja. Kamu bisa mengkonsumsi beberapa menu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh kamu.

[Action] Yuk! simak artikel ini sampai selesai ya, supaya informasi yang kamu dapatkan tidak setengah-setengah.

Jenis Makanan Sehat

  1. Sayuran Hijau

Sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Bahkan hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayur yang daun hijau gelap dapat membantu kamu dalam menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 secara signifikan. Adapun sayuran hijau yang bisa kamu pilih untuk kesehatan tubuh kamu yaitu;

  • Bayam

Bayam hijau merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan, khususnya ketika bayam di rebus. Menurut Kemenkes RI, setiap 100 gram bayam hijau mentah di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak. 

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan serat, folat, fitonutrien, kalsium, dan kalium. Selain itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan betakaroten. Setiap 100 gram brokoli terdapat 150 persen lebih asupan vitamin C yang disarankan.

  • Kale

Kale merupakan sayuran yang kaya akan serat, karbohidrat, vitamin, kalium, dan antioksidan. Menurut Departemen Kedokteran Amerika Serikat (USDA), kale juga mengandung sejumlah besar vitamin K, yaitu sebanyak 817 mikrogram atau 778 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan sangat penting untuk kamu konsumsi karena kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat pangan. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah-buahan berfungsi sebagai antioksidan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ataupun biji-bijian merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan juga terkandung berbagai mineral yang penting untuk tubuh. termasuk di dalamnya vitamin E dan magnesium. Selain itu, kacang-kacangan juga sumber protein yang baik, khususnya untuk orang-orang yang vegetarian.

  1. Ikan

Ikan maupun makanan laut lainnya merupakan makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 yang sehat yang dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi jantung, dan mencegah dari bahaya penyakit kronis. Menurut National Institutes of Health (NIH), ikan memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi, dan digadang-gadang sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk nutrisi penting ini.

  1. Daging & Telur

Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu sumber protein dan zat besi yang tinggi jika dibandingkan dengan daging lainnya. Sedangkan telur sendiri memiliki kelebihan karena  telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, yaitu protein dengan kandungan asam amino essensial dan nonessensial lengkap, vitamin, mineral, dan juga lemak tak jenuh.

  1. Susu

Susu merupakan minuman yang memiliki kandungan mineral yang tinggi, vitamin, protein hewani, dan juga lemak sehat. Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada susu memiliki kadar yang tinggi. Susu juga diolah menjadi keju, difermentasi menjadi yoghurt yang baik untuk pencernaan karena mengandung banyak bakteri baik.

Nah, itulah ulasan tentang makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mewujudkan tubuh sehat yang kamu inginkan. Tapi, apakah kamu ada waktu untuk mengolah menu-menu makanan tersebut? Mulai dari membeli bahan baku, pengolahannya seperti apa, hingga hasil masakannya apakah enak atau asin? Tentu rumit bukan?.

Tapi tenang aja, sekarang sudah banyak penyedia layanan catering yang dapat membantu memudahkan kamu memperoleh makanan sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Namun perlu diketahui, tidak semua penyedia layanan catering bisa membantu kamu untuk mendapatkan makan yang enak plus sehat. Jadi, sebelum kamu memilih layanan catering, coba pastikan dulu layanan catering yang kamu pilih sudah memiliki paket menu dengan nutrisi sehat atau belum.

Layanan Paket Makan Sehat Jogja

Agar tidak salah memilih penyedia layanan catering menu makan sehat dan aman, berikut kami sajikan beberapa tipsnya.

  1. Menu Makanan

Pastikan layanan catering yang kamu pilih transparan dalam penyediaan menu makanannya. Pasalnya, beberapa layanan catering tidak memberi tahu ke pelanggannya menu harian yang akan diterima apa saja. Sehingga pelanggan bosan karena varian  menu yang disajikan hanya itu itu aja.

Selain itu, hal yang gak kalah penting adalah pastikan apakah menu yang disajikan sesuai dengan nutrisi yang kamu butuhkan. Jika tidak sesuai, tentu program makan sehat kamu bisa gagal.

  1. Nutrisi Seimbang

Sebagaimana yang telah kami singgung sebelumnya, kamu harus memastikan kandungan gizi dan nutrisi pada makanan yang akan kamu pesan benar-benar seimbang. Untuk memperoleh gizi dan nutrisi yang seimbang tentunya diperlukan menu makanan yang berbeda-beda. 

Untuk memperoleh gizi dan nutrisi yang seimbang, makanan yang disajikan tentunya memiliki kandungan nutrisi yang beragam, diantaranya karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral. 

  1. Tanpa MSG

Usahakan memakan menu tanpa MSG. Tapi, jika kamu tidak kuat dengan cita rasa yang dihasilkan, kamu bisa menggunakan MSG yang tentunya dengan takaran yang tidak berlebihan.

  1. Makanan Kukus atau Rebus

Usahakan menu yang kamu pilih dimasak dengan cara kukus atau rebus. Mengkonsumsi makanan yang digoreng akan meningkatkan kandungan kalori pada makanan. Selain itu, makanan yang dimatangkan dengan cara digoreng akan mengubah nutrisi yang ada pada makanan. 

  1. Mengecek Ulasan Pelanggan

Kamu bisa melihat kualitas dari penyedia layanan catering dari ulasan para pelanggannya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat ulasan di internet, atau google Map. Atau bisa juga kamu tanyakan ke teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa dari penyedia layanan tersebut.

Demikian ulasan tentang menu makan sehat. Bagi kamu yang membutuhkan layanan catering Paket Makan Sehat di Jogja langsung bisa menghubungi kami di 0895377297689. 

Untuk informasi lebih lengkapnya tentang layanan kami, kamu bisa mengunjungi website kami di www.nasiboxyogyakarta.web.id